CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU

CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU



MISI

CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU



Jumat, 11 Oktober 2013

Cara Belajar Cepat (2) Tipe Otak Kiri dan Otak Kanan Terintegrasi

Tipe Otak Kiri dan Otak Kanan Terintegrasi
 Bagi mereka yang terbiasa menggunakan kedua sisi otak mereka, maka merka dikategorikan sebagai tipe otak kiri dan otak kanan yang terintegrasi. Bagi pemakai otak kiri, secara teratur setiap hari melibatkan diri kedalam aktivitas yang menggunakan otak kanan dan begitu sebaliknya. Tipe otak kiri dapat mengembangkan otak kanan dengan mencoba menulis atau menggambarkan dengan menggunakan tangan kiri. Tipe pemakai otak kanan dapat mengembangkan otak kanan dengan mencoba menggunakan tangan kanan untuk menggambar, menulis dan lain-lain. Karakteristik tipe otak kiri dan otak kanan terintegrasi sebagai berikut:
• Memahami dunia sepenuhnya Tipe terintegrasi ini bisa bergerak bebas dari satu lingkungan ke lingkungan yang lain dan bisa memahami orang atau subyek baik yang berkomunikasi dengan otak kanan maupun otak kiri.
• Penyimpanan Materi Menyimpan informasi secara simultan setahap demi setahap
• Kesadaran terhadap waktu Tipe orang yang sangat peka terhadap waktu, bisa menjadi orang yang lupa waktu jika sedang dibutuhkan layaknya tipe otak-otak kanan, tapi bisa juga menjadi orang yang sangat tepat waktu layaknya pemakai otak kiri
 • Kemampuan visual berdemensi ruang Otak kanan memberi kemampuan visual ruang yang sangat baik, mengenai warna, bentuk dan desain.
 • Kreativitas dan imajinasi Pemakai otak kanan dan otak kiri yang terintegrasi bisa bekerja dengan dua jenis kreativitas, bisa beradaptasi dalam berbagai situasi.
 • Komunikasi Tipe ini bisa mendengar dengan kedua sisi otak mereka, bisa menangkap kata-kata sebagus membaca bahasa non verbal.
 • Cara berpikir lingkup kecil ke luas dan lingkup luas ke kecil. Tipe ini bisa menelitinya dari yang kecil -kecil terlebih dahulu dan kemudian saling menghubungkannya secara total, bisa membaca buku dari depan ke belakang atau sebaliknya atau melompat-lompat. Superlink Mempercepat Proses Belajar
• Delapan macam Superlink untuk mempercepat proses belajar, yang manakah Superlink Anda ? Link Belajar merupakan kombinasi antara gaya belajar dan preferensi sisi otak kita. Data dikombinasikan ke dalam satu profil disebut Superlink yaitu perpaduan antara gaya belajar dan preferensi pemakaian sisi otak. Untuk mengetahui bagaimana sebaiknya cara anda belajar disesuaikan dengan Superlink anda yaitu : Visual otak kiri, Visual otak kanan, Auditori otak kiri, Auditori otak kanan, Tactile otak kiri, Tactile otak kanan, Kinestetis otak kiri, Kinestetis otak kanan.
• Mencari Profil Superlink Anda Pemaparan tentang kedelapan superlink bukan untuk mengotak-kotakan atau membentuk suatu steoreotip tertentu, semata agar setiap orang baik dengan gaya belajar apapun juga mampu mempelajari sesuatu baik di lingkungan sekolah maupun kerja, dan bisa menyesuaikan diri dalam situasi apapun. Jika menggunakan Superlink yang terkombinasi, maka baca saja link belajar yang sesuai dengan diri anda dan tandai bagian tersebut, yang terpenting adalah anda tahu kombinasi link belajar anda bagaimana cara belajar yang tepat bagi anda. Dengan demikian anda akan memiliki gambaran tentang profil kepribadian anda.

Tipe Visual Otak Kiri
 - Tipe Visual Otak Kiri menyerap informasi secara visual dan menerjemahkannya ke dalam bentukol dan bahasa misalnya dalam bentuk surat, kata-kata, nomor, atau ide.
 - Tipe Visual otak kiri, jika sedang berpikir, akan melihat kearah langit-langit. Pandangan mata kekanan dan kekiri, karena otak mereka memproses data dengan melihat setiap data atau symbol.
 - Tipe otak kiri akan menatap lurus ke arah lawan bicara untuk membantu mereka mendengarkan lebih baik, sebaliknya tipe ini tidak senang dengan orang yang diajak bicara tidak mau menatap mata lawan bicara.
 - Tipe ini senang membuat gambar, grafik, tepat waktu, selalu terjadwal, sangat baik dalam penyimpanan data. Mempercepat Proses Belajar Visual otak kiri
- Visual otak kiri mempercepat proses belajar dengan membaca dan melihat materi visual dalam bentuk bahasa, surat, kata, angka, juga membuat kontak mata dengan lawan bicara.
 - Tipe ini lebih mudah mempelajari dengan membaca buku dan catatan yang diberikan secara jelas dan rapi,
 - Tipe visual otak kiri dapat belajar, baik dengan diirngi musik maupun tidak, karena mereka tidak terlalu peduli dengan stimuli auditori di sekelilingnya, dan juga sangat sensitif terhadap stimuli visual dan mudah terusik bila ada gangguan visual.
- Tipe ini dapat belajar dan mengingat tulisan pengucapan bahasa dan pengejaan jika materinya disajikan dalam bentuk cetak dan terlihat rapi.
 - Tipe ini sangat terjadwal dan disiplin waktu - Untuk mempercepat membaca, tipe ini harus mengingat detail kata dan angka yang dibaca. Instruksi yang Sesuai

Untuk Gaya Visual Otak Kiri;
Tipe ini hanya perlu mengingat setiap detail yang dibaca dari pada harus mencari yang tersirat meminta instruktur untuk memilih point-point yang penting dan menuliskannya dipapan tulils.

 • Tipe Visual Otak Kanan :

 - Tipe Visual otak kanan menyerap informasi dengan mata, dan sangat tertarik dengan gambar, symbol, grafik, warna, bentuk, desain, ukuran dan hubungan antar ruang.
 Memproses stimuli ini secara simulttan, cukup sekali pandang dan mereka dapat menangkap detailnya.
- Tipe ini mudah terusik oleh gangguan visual - Tipe ini pandai memadukan warna, aksesoris yang cocok dan peka terhadap penampilan visual di sekelilingnya.
- Senang membuat segala sesuatu tampil cantik - Senang menghadiri pameran lukisan galeri seni, pameran mobil atau berjalan-jalan.
- Menyimpan arsip dengan box file yang berwarna warni, tempat buku yang bergaya, tempat pensil yang unik dan lain-lain.
 - Saat bicara, tipe ini lebih senang melihat kearah bibir daripada harus melihat ekspresi lawan bicara.
 - Tidak terlalu peka terhadap waktu, dan menyelesaikan pekerjaan sesuai keinginan mereka dengan tidak melebihi batas waktu.

Mempercepat Proses Belajar
 - Cara yang paling tepat bagi tipe visual otak kanan adalah dengan alat Bantu visual seperti grafik dan gambar.
 - Adanya kontak mata dengan guru atau pengajar dari pada harus mendengarkan saja.
  - Diberi penjelasan secara deskriptif agar memiliki bayangan yang jelas tentang materi yang dibicarakan.
 - Disediakan media, slide, video disertai dengan gambar-gambar yang menarik dan imajinatif.
 - Tipe ini bisa belajar baik diiringi dengan musik maupun tidak, kebisingan dan suara disekitar tidak akan menggoyahkan konsentrasi.
 - Tipe ini mengingat setiap objek yang mereka lihat dalam kehidupan nyata.
 - Tipe ini dapat memahami bacaan dengan lebih cepat dengan membayangkan semua yang dibaca.
 - Tipe ini sangat tertarik pada seni rupa dan desain grafik, arsitektur.

 Instruksi yang sesuai dengan gaya visual otak kanan :
- Memberikan gambaran-gambaran sekilas dari materi yang akan dipelajari.
- Membuat gambar atau alat Bantu visual atau membuatnya sendiri • Tipe Auditori otak kiri
- Cara terbaik untuk para auditori otak kiri adalah dengan mendengarkan setiap penjelasan yang diberikan baik berupa kalimat ataupun kata-kata.
- Tipe ini sangat sensitif dan merasa tidak nyaman dengan kalimat yang diulang-ulang, sering terhenti atau terlalu banyak mengucapkan kata “ehm”.
 - Peka terhadap pembicaraan orang lain, hati-hati dalam berbicara.
- Tipe ini menikmati pembicaraan dengan orang lain dan bisa mengutip kata dengan tepat.
- Tipe ini tidak senang, kesunyian dan suka humor-humor segar.
 - Tipe ini berfikir sambil berbicara - Tipe ini bekerja secara bertahap dan teratur
 - Senang menikmati musik klasik, teater, atau pertunjukan musik.

Cara Mempercepat Belajar Auditori otak kiri dapat mempecepat proses belajar dengan :

- Mendengar, berbicara dan berdiskusi
- Menyerap makna komunikasi verbal dengan cepat - Mengikuti perkuliahan, pelatihan verbal
 - Menggunakan media yang sesuai seperti film, video, komputer dan lain-lain. - Melalui teknik manual dan pedoman instruksional yang dibaca.
 - Menyenangi tempat yang sunyi dan tenang untuk belajar.
 - Membaca dengan suara keras, suara pelan atau membaca dalam hati. Tipe auditori otak kiri adalah seorang pekerja yang handal sebagai pembicara dan pendengar yang baik.
Cara belajar yang sesuai bagi gaya Auditori otak kiri. Meminta pada instruktur agar menyajikan materi dalam bentuk auditori melalui penjelasan dan diskusi, membaca materi dengan suara yang keras atau merekamnya, serta berkelompok.

 • Tipe Auditori Otak Kanan
 - Tipe auditori otak kanan sangat peka terhadap musik, suara-suara, irama, nada suara dan memiliki kemampuan sensor kata yang kuat.
 - Tipe ini senang pada suara-suara indah, melodi dan suara yang menyenangkan hati, dan akan terganggu dengan suara nyaring seperti sirene, ketukan palu.
- Tipe ini menghabiskan waktu untuk menciptakan lagu-lagu dan musik mereka sendiri, dan sangat kreatif menciptakan aliran musik baru.
- Tipe ini dapat membaca pikiran negatif seseorang, kemarahan yang terpendam maupun sindiran.
 - Tipe ini tidak suka membuat kontak mata dengan pembicara, tapi memahami komunikasi non verbal dan nada suara.

 Mempercepat Proses Belajar Tipe ini dapat mempercepat proses belajar dengan :
- Mendengarkan musik, mendengarkan orang lain - Merekam suara
- Menghubungkan materi dengan irama musik, iklan - Menghubungkan kata dan angka-angka dengan musik - Tipe ini tidak peduli pada symbol, bahasa yang abstrak.
- Tipe ini berpikir intuitif, tanpa kata-kata - Memahami bacaan jika dibaca dengan suara keras atau membaca dalam hati
 - Mempelajari strategi yang tepat.
Cara Belajar yang sesuai Auditori otak kanan Dengan kalimat -kalimat yang singkat, dengan diirngi musik atau sound effect, disertai dengan contohalur pikir, objek nyata atau demonstrasi

 • Tipe Tactile Otak Kiri
- Tactile otak kiri belajar setahap demi setahap dengan menggunakan symbol-simbol, huruf, angka dan kata, tangan, jari, indra peraba dan emosi.
 - Tactile sangat sensitif pada bahasa non verbal seperti mimik wajah, bahasa tubuh, nada suara.
 - Mudah berempati pada orang lain
- Berpikir dengan hati dan mengekspresikan pemikiran secara verbal atau tertulis.
 - Mendapatkan ide baru melalui intuisi dan menguraikannya dengan pendekatan yang bertahap.

Mempercepat Proses Belajar Tactile Otak Kiri mempercepat proses belajar dengan :
 - Melibatkan mereka dengan dalam kegiatan-kegiatan yang menggunakan tangan dan jari.
- Mencatat dengan lengkapmateri-materi yang diterima
 - Senang membuat catatan, gambar, diagram ataupun bagan
- Menyediakan media yang lengkap
 - Belajar di tempat yang tenang dan nyaman
 - Bergabung dalam kelompok atau tim yang saling bekerja sama.
 - Membayangkan apa sebenarnya yang terjadi sewaktu membaca tentang subjek yang abstrak.

 Cara Belajar yang sesuai dengan Gaya Tactile Otak Kiri
- Mencatat point-point penting atau memberikan catatan khsusu atau data yang tersusun rapi dan mudah dipahami.
 - Menyediakan buku-buku dan materi audio visual.

• Tipe Tactile Otak Kanan Yang termasuk tipe ini adalah :
- Orang-orang yang sensitif yang cenderung berpikir global, pandai membaca bahasa non verbal.
 - Tipe ini menggunakan intuisi, imajinasi bahasa yang mengungkapkan perasaan dan kata-kata yang bersifat sensoris.
 - Sangat sensitif pada perasaan orang lain dan sangat perasa - Berpikir dengan hati dan mendapatkan ide-ide secara intuitif.
 - Tipe ini menyukai olahraga dan permainan yang menggunakan tangan, seperti dansa, senam, renang.

Cara Belajar Cepat : Bagi tipe Tactile otak kanan, proses belajar semakin cepat bila :
 - Memanfaatkan tangan, jari jemari dan perasaan.
 - Belajar melalui bahasa sensorik atau komunikasi non verbal
 - Membuat sketsa, menggambarkan diagram-diagram ilustrasi, peta membuat patung, booklet-boklet artistik.
 - Mengingat dengan menggunakan kaligrafi atau gambar penuh warna.
 - Tipe ini perlu pengalaman yang nyata dan manipulatif.
 - Menyukai lingkungan kerja yang tenang dan alami
 - Memberikan pujian, penghargaan dan memberikan pesan tertulis.

Cara Belajar yang paling tepat bagi tipe Tactile otak kanan :
- Memberikan gambaran sekilas tentang suatu subjek dengan menggunakan bahasa sensorik yang sederhana.
 - Membuat alur pikir secara global, kreatif dan mengalir.
 - Catatan-catatan atau bacaan yang disertai ilustrasi-ilustrasi.

 • Tipe Kinestetis Otak Kiri :

- Tipe Kinestetis otak kiri berpikir dengan cara yang terorganisir, sistematis dan disertai gerakan otot-otot tubuh
 - Tipe ini sangat terkooridnasi dan dapat menyesuaikan dengan orang-orang sekelilingnya.

 Cara Mempermudah Proses Belajar Tipe ini akan lebih mudah belajar jika :
- Menggunakan pendekatan yang terorganisir, sistematis dan bertahap yang melibatkan tubuh dan otot mereka.
 - Bergerak bebas merasa nyaman dan relaks dan merasa tersiksa jika duduk diam.
 - Mendiskusikan atau merekam prestasi yang telah dicapai.
Cara Belajar yang sesuai : Dengan memberikan kebebasan bergerak saat mempelajari materi, membuat catatan tersendiri dan menggunakan alat Bantu.

 • Tipe Kinestetis Otak Kanan
 - Tiep Kinestetis otak kanan belajar dengan cara menggerakan otot-otot motorik secara imajinatif, mengalir tapi tidak terstruktur.
 - Tipe ini mengumpulkan informasi secara intuitif.
 - Dapat memikirkan beberapa masalah sekaligus - Berorientasi pada tujuan, tidak berorientasi waktu
- Tipe ini senang berhubungan dengan banyak orang yang pemikiran sejalan. Mempercepat proses belajar Tipe

Kinestetis otak kanan dapat mempercepat proses belajar dengan :
- Gerakan yang tidak terstruktur, imajinatif dan bebas.
 - Belajar secara “Trial and error”, eks plorasi dan mencoba menentukan hal-hal baru
 - Pengalaman yang aktif berupa simulasi
 - Memberikan contoh-contoh, buku-buku petunjuk praktek - Mendengarkan Cara Belajar yang cocok bagi Kinestetis otak kanan :
 - Gambaran global, bahasa sensoris - Memberi catatan atau bahan bacaan
 - Gambar yang berhubungan dengan topik - Demonstrasi
 • Tahapan-tahapan agar proses belajar berjalan lebih cepat , Enam tahapan mempercepat belajar :

 I : Perencanaan Rencanakan program Anda, dimulai dengan aktifitas pra-belajar yang berupa kerangka pikir

II : Input Mengetahui tipe instruksi, materi belajar, dan lingkungan belajar yang Anda butuhkan.

 III : Komprehensif Bagaimana cara meningkatkan pemahaman Anda

IV : Memperbaiki Daya Ingat Bagaimana cara meningkatkan daya ingat untuk mengoptimalkan belajar.
V : Uji Keterampilan Belajar Bagaimana mempertajam ingatan dan menghadapi ujian

VI : Aplikasi Bagaimana mengaplikasikan tahap-tahapan tersebut kedalam kehidupan Anda. Instruksi, materi dan lingkungan belajar Hal-hal yang harus dipertimbangkan :

o Instruksi yang tepat dan sesuai dengan link belajar anda o Lingkungan belajar yang sesuai
 o Bagaimana cara mengolah informasi agar sesuai dengan gaya belajar. Beberapa media Instruksi yang berbeda-beda :
• Materi tertulis
 • Materi grafis
• Materi audio visual
• Materi komputer
 • Aktivitas nyata
• Pengalaman nyata
 • Instruksi pribadi Bagan tentang Lingkungan Belajar dan Teknik Penyesuaian Diri dengan Lingkungan Belajar Superlink Lingkungan Belajar yang Strategi yang Tepat paling Tepat Menghadapi Lingkungan Belajar yang tidak Sesuai. Visual otak Kiri
• Materi tertulis yang diberikan oleh guru di depan kelas
• Tidak ada kerancuan ataupun disorganisasi visual
• Materi tertulis yang mereka teriam haruis rapi dan bebas dari kesalahan tulis
• Dapat bekerja atau belajar baik dengan diiringi musik ataupun tidak, karena mereka tidak banyak memperhatikan suara di sekeliling mereka.
• Ruangan sebaiknya dilengkapi dengan agenda, kalender, jadwal, jam dinding dan filling system.
 • Instruktur sebaiknya datang dan pergi tepat waktu
• Berusahalah agar duduk dideretan paling depan
• Jaga tempat kerja atau belajar Anda tetap bersih dan rapi. Coba untuk terus berusha menjaga kebersihan dan kerapian seluruh ruangan.
 • Benarkan jika ada tulisan yang keliru dalam bahan materi tertulis yang Anda pegang.
 • Gunakan jadwal waktu yang benar. Jangan lupa membawa jam. Tetaplah menjdi orang yang tepat waktu. Visual Otak Kanan
 • Gunakan grafik atau materi tertulis, dan sebaiknya mengikuti pelajaran dengan guru atau isntruktur yang mereka hadapi secara langsung.
• Lingkungan yang atraktif, penuh warna dan kreatif.
• Kursi yang nyaman
 • Waktu yang fleksibel yang memungkinkan mereka datang dan pergi pada waktu yang bebas
 • Duduklah di deretan paling depan
• Jaga tempat Anda agar tetap menarik berwarna-warni, dan tertata rapi.
• Cobalah untuk menata ruangan di mana Anda akan menghabiskan waktu untuk belajar.
• Pilih kursi yang nyaman atau jika memang perlu Anda bisa membawa bantal untuk membuatnya lebih nyaman.
 • Gunakan kode warna untuk menandai waktu-waktu yang Anda anggap penting dan perlu perhatian khusus. Jika perlu tambahkan kata-kata untuk sekedar meningatkan Anda bahwa waktunya sudah hampir habis. Auditori Otak Kiri Anda bisa berdiskusi denganorang lain dan membicarakan ide-ide Anda dengannya.
 • Cukup satu stimulasi auditori saja yang bisa Anda respons dengan baik.
• Sebaiknya Anda tidak mendengarkan musik saat belajar atau membaca
• Sebaiknya suasana tenang ketika sedang belajar atau membaca.
 • Lebih baik bila ruangan Anda dilengkapi dengan agenda, jadwal waktu, dan jam dinding.
• Instruktur memilih jadwal yang pasti, datang dan pergi pada waktu yang tepat.
• Duduklah dengan seseorang yang bisa Anda ajak berdiskusi tentang topik tersebut.
• Pilih tempat duduk di mana Anda bisa mendengar suara instruktur/guru dengan jelas.
 • Jika perlu, bawalah headphone atau penyumpal kuping untuk menghindari suara-suara bising atau suara yang mengganggu saat Anda belajar.
 • Jika Anda merasa perlu membaca dengan suara kencang atau membicarakan topik tersebut dengan diri Anda sendiri, maka pilihlah tempat di mana Anda tidak akan duganggu oleh orang lain (walaupun kebanyakan juga tipe auditori).
 • Mintalah jadwal dan gunakan selalu jam tangan Auditori Otak Kanan
 • Sebaiknya suara-suara yang ada di ruangan itu menyenangkan hati
 • Suara yang mereka dengar sebaiknya suara yang harmonis, misalnya musik yang dikombinasikan dengan suara alam
• Sedikit bicara, cukup hal-hal yang penting saja.
 • Tempat duduk
 • Bisa saja belajar atau bekerja dengan diirngi musik asal yang Anda hadapi tidak banyak berhubungan dengan kata-kata.
• Pilih tempat duduk dimana Anda bisa mendengar suara instruktur dan tidak mendengar suara-suara yang mengganggu.
 • Duduklah dengan seseorang yang sekiranya mau membantu Anda yang nyaman
• Jadwal waktu yang fleksibel
 • Instruktur sebaiknya bisa didengar dengan jelas
• Ruang belajar yang tenang
 • Saat belajar atau membaca sebaiknya tidak diiringi musik. mngulang kata-kata kunci dan hal-hal yang diulang kalau perlu sampai Anda benar-benar memahami topik tersebut.
• Cari tempat duduk yang nyaman kalau perlu Anda bisa membawa bantal agar lebih nyaman.
 • Gunakan tanda warna tertentu untuk menandai waktu-waktu yang Anda anggap penting.
 • Bawalah headphone atau penyumbat telinga untuk menghindari suara-suara yang mengganggu konsentrasi Anda. Tactile Otak Kiri
• Lingkungan sebaiknya nyaman baik secara fisik maupun emosi
• Duduklah di dekat orang-orang yang Anda senangi
• Anda tahu jadwalnya dan anda bisa mencocokkan waktunya
• Ruangan rapi dan tertata
• Anda bisa mendengarkan sambil menggambar, menulis, atau corat-coret kertas
• Bisa bekerja baik diiringi musik maupun tidak
 • Instruktur yang memiliki gaya berkomunikasi yang menyenangkan
• Duduklah di tempat yang nyaman kalau perlu membawa bantal agar lebih nyaman
• Jika Anda tidak suka pada AC dan panas, maka duduklah jauh dari fentilasi dan kipas angin. Jika Anda tidak senang dengan sinar matahari, maka jangan duduk di dekat jendela kecuali bila Anda ingin melihat tanaman dan merasakan ketenangan dari luar ruangan.
• Duduklah di tempat yang nyaman secara emosi, Anda bisa mencari tempat duduk di dekat orang-orang yang Anda sukai.
 • Mintalah jadwal dan jangan lupa memakai jam tangan
 • Rapikan kertas-kertas Anda
• Selalu membawa pensil dan kertas. Jangan sampai corat-coret atau gerakan tangan Anda mengganggu instruktur atau teman yang lain
 • Jika Anda menyukai musik, maka Anda bisa membawa headphone Tactile Otak Kanan
 • Tempat duduk yang nyaman (beberapa diantaranya mungkin menyukai belajar sambil berbaring, duduk di atas meja, atau bermalas-malasan di kursi mereka)
 • Lingkungan yang nyaman secara fisik.
• Duduklah di dekat orang yang Anda sukai dan jangan berdekatan dengan orang-orang yang tidak bisa menyukai Anda.
 • Anda bisa menggambar, menulis, atau mencoet-coret sketsa.
• Anda bisa bekerja dengan atau tanpa musik, tapi bila dengan musik, maka sebaiknya diiringi musik yang anda suka.
• Jadwal yang fleksibel • Instruktur sebaiknya adalah seseorang yang Anda sukai atau kagumi.
 • Pilih tempat duduk yang Anda anggap nyaman secara fisik atau emosional. Bawa bantal jika memang bisa membuat tempat duduk Anda lebih nyaman.
• Bila Anda senang melihat pemandangan duduklah ekat jenela. Jauhkan diri Anda dari AC, kipas angin, atau sinar matahari yang terpenting Anda merasa nyaman.
 • Duduklah disamping yang Anda sukai dan jangan sekali0kali duduk di dekat seseorang yang menjenkelkan hati.
• Tetaplah membawa pensil dan kertas untuk sekedar corat-coret tapi pilih tempat duduk di mana kegiatan ini tidak akan mengganggu orang lain.
• Jika Anda sangat menyukai musik Anda bisa membawa headphone untuk menghilangkan gangguan suara.
• Jangan lupa membawa kalender yang sudah diberi tanda kode warna untuk menandai kegiatan yang akan dilakukan.
• Jagalah objek atau benda-benda yang menyenangkan hati Anda agar tetap berada di atas meja. Dan beri sedikit sentuhan pribadi. Kinestetis Otak Kiri
• Terdapat tempat yang luas untuk bisa bergerak dengan bebas.
• Anda dapat meninggalkan tempat duduk atau bekerja sambil berdiri.
• Tempat duduk yang nyaman
 • Papan tulis yang memungkinkan Anda menulis sambil berdiri.
• Tempat yang nyaman dan rapi
• Terjadwal
• Duduklah dibagian belakang sehingga Anda bisa mengamati setiap gerakan yang ada di dalam ruangan tanpa menggangu orang lain.
 • Bawa bantal agar duduk Anda lebih nyaman
 • Bawa jam tangan
• Bila Anda merasa bosan, bawalah benda yang bisa mainkan atau mengerjakan sesuatu di tempat duduk Anda.
 • Saat belajar, pilih tempat yang tertutup sehingga terhindar dari gangguan orang lain. Kinestetis Otak Kanan
 • Terdapat tempat yang cukup luas untuk bergerak dan bersantai
• Anda dapat tetap tinggal di kursi atau berdiri
• Ruangan nyaman untuk duduk ataupun berbaring dilantai.
• Adan dapat mempelajari permainajn atau belajar sambil bermain
 • Anda bisa bekerja baik dengan diiringi musik maupun tidak.
• Anda bisa melihat keluar jendela atau saat belajar mencari tempat yang terhindar dari gangguan orang lain.
• Papan tulis yang memungkinkan Anda menulis sambil berdiri.
 • Boleh datang terlambat, atau meninggalkan tempat sebelum waktunya asal pekerjaan Anda sudah selesai atau tidak melewati batas waktu yang ditentukan.
 • cari tempat yang memungkinkan Anda bergerak tanpa terganggu oleh orang lain
• yakinkan bahwa tempat Anda nyaman jangan lupa bawa sesuatu yang bisa Anda permainkan saat Anda merasa bosan atau jenuh.
• Jika Anda suka musik, Anda bisa membawa headphone
• Saat belajar, pilih tempat yang jauh dari gangguan orang lain.
 • Bawa kalender yang sudah diberi tanda warna untuk kegiatan-kegiatan Anda.

0 comments: