CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU

CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU



MISI

CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU



Senin, 20 Mei 2013

TEKNIK MEMBINA KERJA TIM DAN MENINGKATKAN KINERJA


          Keberhasilan manajer memimpin organisasi antara lain  karena adanya dukungan kerja tim yang efektif. Kerja tim adalah sinerji. Artinya, bekerja bersama-sama hasilnya lebih besar daripada bekerja sendiri-sendiri. Sinerji seperti sapu lidi. Artinya, lebih kuat bersama-sama daripada sendiri-sendiri.  Sinerji merupakan hasil dari koordinasi kegiatan-kegiatan tim  (Hunsaker, 2001). 
          Yang dimaksud Tim dalam tuliusan ini ialah kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi dan berkomitmen untuk maecapai tujuan bersama secara efektif dan efisien (Hunsaker,2001).  Jadi Kerja tim merupakan kerja berkelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.
          Dengan kerja team ini diharapkan dapat menghasilkan keuntungan dalam dalam segala segi untuk pengaplikasian kinerja itu sendiri. Dengan kerja team yang terencana semua pekerjaanakan menjadi lebih ringan bagi semua pekerja, dengan semangat kebersamaan dalam team akan dapat menyelesaikan pekerjaan itu secara efektif dan efesien sehingga kenerja  organisasi lebih meningkat.

d. Tahapan Pembentukan Tim
1) Forming: kesadaran akan komitmen bersama untuk membentuk tim dan penerimaan menjadi anggota tim.
2) Stoming : Muncul badai berupa konflik tentang klarifikasi dan kepemilikan.
3) Norming : Ada  usaha untuk bekerja sama berupa keterlibatan dan dukungan membuat dan mematuhi norma-norma baru.
4)  Performing: Meningkatkan produktivitas kerja berupa target pencapaian kinerja dan rasa bangga.
5). ndjouring: Berpisah memberikan pengakuan dan  kepuasan (Hunsaker, 2001)

e. Karakteristik Kerja Tim Efektif
1)  Misi tim TAS jelas
2)  Suasana informal
3)  Banyak berdiskusi
4)  Banyak mendengar (Pendengan yang aktif)
5)  Kepercayaan dan keterbukaan.
6)  Menerima perbedaan pendapat (saling menghargai)
7)  Kritis terhadap isu-isu tim TAS, dan tidak bersifat pribadi
8)  Konsensus adalah salah satu norma tim TAS
9)  Kepemimpinan efektif
10)     Jelas dalam penilaian
11) Mengabungkan nilai dan norma
12)     Komitmen (Manning & Curtis, 2003).

i.  Teknik Meningkatkan Kinerja Kerja Tim
1) Penilaian kinerja berdasarkan standar kinerja yang telah ditetapkan.
2) Memberikan motivasi berkinerja tinggi
3) Memberi kesempatan mengikuti pelatihan yang relevan
4) Merundingkan masalah kinerja dan cara mengatasinya.
5) Menyepakati tindakan yang akan dilakukan
6) Memantau dan menilai terus menerus kegiatan staf
7) Memberi umpan balik jika diperlukan
8) Memberi penghargan yang adil dan wajar sesuai kinerja.
Dapat juga menggunakan  singkatan TEAMWORK lihat modul  Administrasi Humas.

j. Model Peningkatan Kinerja
 Contoh Kerja Tim
Tim Olah raga, Kelompok Kerja (Pokja), Gugus Kendali
Mutu (GKM), Tim Pengajar, Tim Teknisi, dan Tim PenjaminanMutu
          
3. Ringkasan
Keberhasilan manajer memimpin organisasi antara lain karena adanya dukungan kerja tim yang efektif. Kerja tim   adalah sinerji. Kerja tim ialah kerja berkelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. . Manfaat Kerja Tim adalah untuk meningkatkan kebersamaan dan kinerja organisasi. Tahapan Pembentukan Tim adalah forming, storming, norming, performing, and adjourning Ada 12 karaketeristik tim kerja yang efektif. Prinsip kerja tim disingkat TEAMWORK.

Daftar Pustaka
Hunsaker, P.L. 2001. Training in management skills. Upper Sadle River,
New Jersey: Printice Hall.
Manning, G., & Curtis, K. 2003. The art of leadership. New York:
McGraw-Hill Irwin.    

0 comments: