Keberhasilan manajer memimpin organisasi antara lain karena adanya dukungan kerja tim yang efektif.
Kerja tim adalah sinerji. Artinya, bekerja bersama-sama hasilnya lebih besar
daripada bekerja sendiri-sendiri. Sinerji seperti sapu lidi. Artinya, lebih
kuat bersama-sama daripada sendiri-sendiri. Sinerji merupakan hasil dari koordinasi
kegiatan-kegiatan tim (Hunsaker,
2001).
Yang dimaksud Tim dalam tuliusan ini ialah kelompok dengan
keterampilan yang saling melengkapi dan berkomitmen untuk maecapai tujuan
bersama secara efektif dan efisien (Hunsaker,2001). Jadi Kerja tim merupakan kerja berkelompok
dengan keterampilan yang saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama secara
efektif dan efisien.
Dengan kerja team ini diharapkan dapat menghasilkan
keuntungan dalam dalam segala segi untuk pengaplikasian kinerja itu sendiri.
Dengan kerja team yang terencana semua pekerjaanakan menjadi lebih ringan bagi
semua pekerja, dengan semangat kebersamaan dalam team akan dapat menyelesaikan
pekerjaan itu secara efektif dan efesien sehingga kenerja organisasi lebih meningkat.
d. Tahapan
Pembentukan Tim
1) Forming: kesadaran akan
komitmen bersama untuk membentuk tim dan penerimaan menjadi anggota tim.
2) Stoming : Muncul badai
berupa konflik tentang klarifikasi dan kepemilikan.
3) Norming : Ada usaha untuk bekerja sama berupa keterlibatan
dan dukungan membuat dan mematuhi norma-norma baru.
4) Performing: Meningkatkan produktivitas kerja
berupa target pencapaian kinerja dan rasa bangga.
5). ndjouring:
Berpisah memberikan pengakuan dan kepuasan (Hunsaker,
2001)
e. Karakteristik Kerja Tim Efektif
1) Misi
tim TAS jelas
2) Suasana
informal
3) Banyak
berdiskusi
4) Banyak
mendengar (Pendengan yang aktif)
5) Kepercayaan
dan keterbukaan.
6) Menerima
perbedaan pendapat (saling menghargai)
7) Kritis
terhadap isu-isu tim TAS, dan tidak bersifat pribadi
8) Konsensus
adalah salah satu norma tim TAS
9) Kepemimpinan
efektif
10) Jelas
dalam penilaian
11) Mengabungkan
nilai dan norma
12) Komitmen
(Manning & Curtis, 2003).
i. Teknik Meningkatkan Kinerja Kerja Tim
1) Penilaian kinerja
berdasarkan standar kinerja yang telah ditetapkan.
2) Memberikan motivasi
berkinerja tinggi
3) Memberi kesempatan
mengikuti pelatihan yang relevan
4) Merundingkan masalah
kinerja dan cara mengatasinya.
5) Menyepakati tindakan yang
akan dilakukan
6) Memantau dan menilai terus
menerus kegiatan staf
7) Memberi umpan balik jika
diperlukan
8) Memberi penghargan yang
adil dan wajar sesuai kinerja.
Dapat juga menggunakan singkatan TEAMWORK lihat modul Administrasi Humas.
j. Model
Peningkatan Kinerja
Contoh Kerja Tim
Tim Olah raga, Kelompok Kerja
(Pokja), Gugus Kendali
Mutu (GKM), Tim Pengajar, Tim
Teknisi, dan Tim PenjaminanMutu
3. Ringkasan
Keberhasilan manajer memimpin
organisasi antara lain karena adanya dukungan kerja tim yang efektif. Kerja
tim adalah sinerji.
Kerja tim ialah kerja berkelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi
untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. . Manfaat Kerja Tim adalah untuk meningkatkan
kebersamaan dan kinerja organisasi. Tahapan Pembentukan Tim adalah forming,
storming, norming, performing, and adjourning Ada 12 karaketeristik tim kerja
yang efektif. Prinsip kerja tim disingkat TEAMWORK.
Daftar Pustaka
Hunsaker, P.L. 2001. Training in management skills. Upper Sadle River,
New Jersey: Printice Hall.
Manning, G., & Curtis, K. 2003. The art of
leadership. New York:
McGraw-Hill Irwin.
0 comments:
Posting Komentar