CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU

CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU



MISI

CATATANKU, SEMOGA JADI TULISANKU



Rabu, 08 Januari 2014

CONTOH TEKS PROSEDUR KOMPLEKS



PEMBUATAN DIGITAL IMAGIN
  Alat dan Bahan
Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri di GS Computer Garut, kami menggunakan fasilitas ataupun peralatan, diantaranya yaitu :
        Seperangkat computer. Dalam hal ini, kami lebih banyak menggunakan computer – computer dari para costumer yang komputernya diperbaiki.
        CD/DVD/Flasdisk, dimana di dalamnya terdapat berbagai macam software yang kami gunakan dalam praktek maupun dalam keseharian sebagai kebutuhan dalam menyelesaikan instalasi computer
        Koneksi Internet. Digunakan untuk mengecek LAN/Wirelles/WiFi yang terdapat pada notebook atau laptop customer.
         Peralatan lainnya, seperti baut, obeng, koas, kabel – kabel, blower, compressor, dll.

  Proses Pekerjaan
                Dubbing (pengerjaan video tutorial dengan suara)
        Persiapan
a.second monitor
b.microfon
c.speaker/headset

1. Pertama, atur durasi animasi agar lebih panjang pada timeline. Untuk mengaturnya, klik ikon Time Configuration.
Di jendela Time Configuration yang muncul, atur  nilai length=300.



















2. Pada panel Create > Geometry > Particle System > PF Source. Klik dan drag ikon Pflow pada viewport. Atur nilai length = 300 dan width = 300.

3. Untuk membuka parameter Pflow, klik tombol Particle View. Maka akan muncul jendela parameter Pflow. Minum dulu gan kopinya....

4. Disini mungkin agan agak bingung karena parameternya berbentuk diagram. Tapi tenang aja gan... entar juga ngerti cara kerjanya. Agar partikel muncul sampai frame 300, klik action birth lalu atur parameter Emit Stop = 300 dengan Amount = 300. Tutup/close jendela Pflow dan lihat ke viewport hasilnya.

5. sekarang, partikel pun muncul sampai frame akhir.

6. Untuk membuat model uangnya, kita akan menggunakan Plane. Atur nilai Length=25, Width=40 dan nilai Length Segs =5 dan Width Segs=7.

7. Supaya bentuk uang lecek atau gak kaku, klik panel Modify > Modifier List: Noise.

8. Atur parameter Noise. Seed=5, Scale=100, klik ceklis Fractal dengan Roughness = 0,64 dan Iterations=7,71, pada strength Z=7,23, klik ceklis Animate Noise dengan Frequency=0,1 dan atur agar Phase pada frame 300=100 agar gerakan tidak terlalu cepat. Play animasi, maka di viewport gerakan plane akan ada percepatan den perlambatan.

9. Untuk mengatasinya, klik kanan pada Plane > Curve Editor...

10. Pada parameter Phase (lihat gambar untuk letak phase), seleksi dua control point, dan klik tombol set tangent to linear.

11. Sekarang, grafik phase akan lurus seperti ini. Coba play kembali di vewport gerakan plane akan selalu sama kecepatannya. Beres...

12. Ok, saatnya menyulap plane agar jadi uang. Masuk ke Material Editor (tekan tombol M pada keyboard) dan pada slot pertama, klik tombol diffuse dan pilih bitmap. Pilih gambar/material uang kertas yang agan punya. Saya menggunakan gambar uang gopek-an (dapet dari mbah google).

13. Nah, supaya gambar uangnya kelihatan di vewport, klik tombol dengan gambar kotak seperti ini:

14. aktifkan ceklis 2-sided agar gambar uang terlihat di kedua sisi plane.

15. Kembali ke Parameter Pflow, agar partikel yang keluar berbentuk uang/plane, kita harus menambahkan action Shape Intance pada Event. Caranya, Drag Action Shape Instance dibawah dan masukkan ke diagram. Setelah itu, pada parameter shape Instance, klik tombol None dan klik objek plane di viewport.

16. Pada action Display, klik menu dropdown dan pilih Geometry.

17. Sekarang, pada viewport, partikel yang keluar berbentuk uang gopek-an... yes!!!!


0 comments: